Apr 28, 2011

GSM

GSM
Pada pertengahan 1991 GSM di temukan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi global menggantikan system analog NMT. Global System for Mobile Communication (GSM) menandai era baru dunia telekomunikasi dimana GSM dijadikan standar komunikasi nirkabel global.
GSM infrastruktur
Nokia 1011

Teknologi GSM memungkinkan orang dengan mobilitas tinggi untuk tetap dapat berkomunikasi lintas Negara. GSM beroperasi pada frekuensi 900Mhz-1800Mhz untuk menangani semakin pesatnya pertumbuhan pengguna GSM yang awalnya hanya beroperasi pada frekuensi 900Mhz saja.

GSM sebagai Teknologi Generasi Kedua (2G) mempunyai banyak beunggulan di banding dengan sistem analog yang telah ada sebelumnya, diantara keunggulan itu adalah:
-          dengan solusi digital maka menjadikan kapasitas lebih besar karena ketika pengguna tidak mengirimkan informasi saluran akan digunakan pengguna lain yang sedang mengirim informasi.
-          Kualitas suara yang lebih baik
-          Memungkinkan layanan selain suara, yaitu layanan teks, gambar, dan video.
Dan layanan teks inilah yang menjadikan dasar meledaknya pengguna telepon selular di dunia yang layanan ini kemudian di kenal dengan istilah Short Massaging Service (SMS).

Dan Nokia 1011 adalah produk pertama Nokia dengan sistem GSM.

0 comments:

Post a Comment